Dispendukcapil Surabaya Gelar Sosialisasi E-Lampid untuk Puskesmas

By Admin

nusakini.com--Pemerintah kota Surabaya berkomitmen meningkatkan pelayanan melalui proses administrasi yang cepat dan efektif. Salah satunya dengan implementasi e-Lampid untuk Puskesmas. 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya menggelar Sosialisasi e-Lampid untuk mempercepat pengurusan akta kelahiran dan akta kematian, Kamis, (6/7). Iswan Arief Kasie Sistem Informasi Administrasi Kependudukan menjelaskan tentang cara penggunaan e-Lampid kepada 20 tamu undangan dari puskesmas yang telah menjalin kerja sama. 

Aplikasi pendaftaran kependudukan terdiri atas kelahiran, kematian, pindah datang, pindah keluar, perkawinan, dan perceraian. Iswan Arif memberikan informasi mengenai kegunaan masing-masing aplikasi yang ada pada e-Lampid. 

Iswan Arief memberikan pula pengarahan kepada admin puskesmas apa daja yang akan mereka unggah pada kelengkapan dokumen. Dengan aplikasi ini masyarakat lebih mudah mendapatkan akta kelahiran dan akta kematian bagi keluarga mereka. 

Aplikasi pengurusan akta ini merupakan yang pertama kalinya di Indonesia. Iswan Arief menambahkan bahwa bayi yang lahir di bidanpun dianjurkan membuat akta kelahiran di e-Lampid melalui teman-teman yang ada di puskesmas.(p/ab)